Jenis Instalasi Air Pengolahan Air Limbah ( IPAL )

Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) merupakan sebuah teknik yang dirancang secara khusus untuk memproses atau mengolah cairan sisa proses, sehingga sisa proses tersebut menjadi layak dibuang ke lingkungan. Limbah tersebut bisa berasal dari proses industri, pabrik, pertanian, mall, apartemen, dan limbah hasil sektor rumah tangga lainnya. Hasil dari limbah tersebut apabila tidak dikelola dengan baik tentunya akan membahayakan sekitar, pengolahan instalasi air limbah yang tidak dikelola dengan baik atau asal-asalan juga tetap akan mebahayakan sekitar. Oleh karena itu, diburuhkan instalasi air yang profesional.

Ketentuan atau regulasi mengenai pengolahan limbah sendiri telah di atur dalam PP No 19 Tahun 1999 tentang pengendalian pencemaran dan/atau perusakan laut. Namun, sayangnya di Indonesia PP mengenai hal tersebut belum banyak di aplikasikan secara baik. Hampir 70% perusahaan-perusahaan kecil atau sektor rumah tangga mengabaikan limbah dan membuangnya dengan langsung tanpa memikirkan pencemaran lingkungan.ipal

Jenis Pengolahan Air Limbah

Jenis pengolahan air limbah secara umum dibagi menjadi pengolahan fisik, pengolahan kimiawi, dan pengolahan secara biologis. Pengolahan secara fisik hanya bisa diterapkan pada jenis-jenis limbah tertentu, polutan akan dipisahkan dengan cara di endapkan dengan waktu yang cukup lama. Pengolahan limbah secara kimiawi mencakup penambahan bahan-bahan kimia ke dalam air limbah. Air limbah yang mengandung zat-zat kimia termasuk logam berat cukup efektif jika dilakukan pengolahan limbah secara kimia.

Pengolahan limbah secara biologis memanfaatkan kerja mikroorganisme dalam penggunaannya. Mikroorganisme dapat menghilangkan polutan yang degradabel karena polutan tersebut merupakan sumber makanan bagi bakteri. Pengolahan limbah secara biologis membutuhkan waktu yang cukup singkat dibandingkan kimiawi dan fisika namun tentunya hanya dapat digunakan pada jenis limbah tertentu saja.

Rangkaian IPAL Puskesmas pastinya tidak terlepas dari jenis pengolahan limbah, bahkan mungkin beberapa rangkaian instalasi menggunakan pengolahan berbasis ketiganya mencakup aspek fisika, kimia, dan biologis. Sekarang ini, seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat, banyak sekali jenis-jenis rangkaian instalasi limbah yang dirasa efektif dengan kelebihan dan kekurangan tertentu sesuai dengan penggunaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *