Menjaga Septic Tank Agar Tidak Cepat Penuh

Septic tank merupakan bagian dari rumah yang begitu vital. Hal tersebut disebabkan karena ada kaitan eratnya dengan berbagai aktivitas biologis yang dilakukan oleh hampir semua penghuni rumah. Agar tidak cepat penuh ataupun mampat, bagian dari rumah tersebut memperlukan sebuah rancangan yang bagus dan juga tepat untuk diterapkan. Rancangan yang bagus dan tepat tentunya akan menghasilkan bagian rumah yang berkualitas. Begitu pula sebaliknya, rancangan yang tidak tepat tentunya akan menghasilkan hasil yang tidak berkualitas.septic tank

Bisa dikatakan bahwa bagian penampungan penyimpanan aktivitas biologis sementara tersebut merupakan sebuah sistem saluran sanitasi keluarga dengan bagian-bagian tertentu yang menghubungkannya satu sama lain. Salah satu bagian tersebut adalah saluran pipa yang berasal dari kloset, entah itu adalah untuk menampung kotoran yang berupa zat padat, cair, resapan ataupun juga pipa untuk melepas air bersih serta udara. Dengan adanya saluran tersebut, kotoran yang dikeluarkan akan langsung masuk pada bak sementara.

Nah, agar bagian penting dari aktivitas pembuangan biologis yang sering dilakukan oleh manusia tersebut tidak cepat penuh serta mampat, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pemiliknya. Khususnya saat pemasangan septic tank itu sendiri. Salah satunya adalah:

  • Memperhatikan kemiringannya. Kemiringan pada bagian penampung aktivitas biologis penghuni rumah tersebut sangat menentukan lancar atau tidaknya pembuangan limbah nantinya. Selisih ketinggian permukaan air serta kloset diharapkan agar sebesar mungkin. Tujuannya agar nantinya bagian pembuangan tersebut mudah mengalir nantinya.
  • Pemilihan pipa saluran juga menentukan mampat atau tidaknya bagian pembuangan tersebut. Dalam pemasangannya, disarankan untuk menggunakan pipa PVC dengan ukuran minimal 4 inchi. Anda yang mempunyai rumah dengan jumlah toilet yang banyak, disarankan untuk menggunakan pila saluran dengan ukuran yang lebih besar lagi.
  • Sesuaikan kapasitas septic tank dengan kebutuhan rumah Anda. Misalkan saja, jika Anda mempunyai anggota rumah dengan penghuni mencapai 4 orang, ukuran 1,5m X 1,5 m X 2 m. Selain itu, khusus bak endapan dan juga sumur resapan dapat dibuat menggunakan ukuran 1m X 1m X 2, Dasarnya, semakin banyak jumlah anggota keluarga, semakin besar pula ukuran yang nantinya Anda butuhkan.

Akan lebih praktis jika anda menggunakan septic tank biotech karena tidak perlu perawatan lagi, anda bisa melihat 10 pilihan produk biotech di www.septictankmodern.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *